Friday, November 21, 2014

Akibat Mendownload Game Bajakan

Akibat Mendownload Game Bajakan

Di Indonesia menggunakan game bajakan adalah suatu hal yang umum, tapi bukan berarti legal dan benar. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa prakteknya sudah sangat merajalela di sekitar kita. Ini juga didukung dengan mudahnya proses membajak seperti Jailbreak di iPhone atau bahakan Android tidak perlu melakukan apapun untuk memainkan game bajakan, cukup mendownload APKnya saja.

Nah untuk pengguna Apple boleh sedikit lega karena Apple melakukan prosedur yang ketat untuk setiap game yang dirilis di App Store. Sedangkan untuk Android proses reviewnya jauh lebih sederhana sehingga kita dapat dengan mudah menemukan banyak aplikasi tipuan di Google Play sendiri, meskipun Google juga melakukan pencegahan tapi sifatnya lebih kepaa reaktif dari pada preentif yang artinya harus ada korban terlebih dahulu baru Google akan bertindak.

Pertanyaannya adalah bagaimana sobat gamers tahu bahwa game bajakan yang sobat gamers download adalah game yang 100% murni bajakan tanpa sisipan program jahat? Perlu sobat gamers tahu bahwa orang dapat dengan sangat mudah membuat icon, screenshot dan bahkan nama publisher yang sama untuk membuat sobat gamers berfikir bahwa ini adalah game yang asli.

Apa yang dapat di lakukan oleh Malware?

1.Rooting
Beberapa virus/malware sudah bisa mendapatkan akses root di HP (Android) dan jika ini terjadi maka sang virus bisa saja menghapus seluruh isi HP sobat gamers atau menghapus sebuah aplikasi tertentu seperti Anti Virus dan menggantinya dengan sebuah Anti Virus bohongan yang sebenarnya adalah virus juga.
2. Mencuri Data
Saat sobat gamers menginstal game bajakan ini dapat dengan mudah membaca contact book sobat gamers, melihat semua email teman sobat, mencuri nomor telepon dan bahkan foto. Secara diam-diam game ini akan mengirimkan data ini kepada server pusat. Tahu-tahu setelah beberapa hari sesudahnya semua teman sobat gamers akan di spam oleh sebuah email yang menjual sebuah produk tertentu. Bahkan nomor HP dan foto sobat gamers dapat digunakan untuk penipuan atau kejahatan lainnya di masa yang akan datang.
3. Mata-mata
Malware dengan tipe ini adalah malware yang paling tidak menunjukkan gelagatnya tapi diam-diam ia memantau semua aktivitas sobat gamers. Email apa yang sobat gamers buka, apa username dan passwordnya. Bahkan orang ini dapat megetahui posisi sobat gamers melalui GPS yang di akses secara diam-diam sehingga ia dapat merencanakan penipuan
4. Mendaftar Langganan Premium
Saat virus/malware sudah mendapatkan akses kepada HP sobat maka dia dengan mudah dapta mengirimkan SMS ke layanan premium ( seperti reg spasi daftar ke 6443 atau sejenisnya) sehingga sobat gamers akan di charge dengan mahal. Tentu saja orangnya sudah bekerja sama dengan penyedia layanan premium sehingga sekali SMS sobat gamers bisa di charge 10.000. bayangkan jika ini terjadi pada 100.000 orang, dalam sekejap orang tersebut sudah untuk sebesar 1Miliyar.

Perkembangan Malware Android Mendominasi Keseluruhan Smartphone

Pada quarter terakhir tahun 2012 saja tercatat ada 96 variant baru virus Android yang muncul. Jadi sobat gamers yang menggunakan Android harus jauh lebih berhati-hati karena menurut penelitian 79% malware/virus yang ada dimobile handset dikontribusikan oleh Android sedangkan iOS hanya sebesar 0.7%.

Untuk iOS user saya sarankan untuk tidak jailbreak, sedangkan pengguna Android pastiakn untuk tidak melakukan rooting (mempermudah virus/malware mendapatkan akses) dan selalu mendownload dari Google Play serta memperhatikan komentar yang ditinggalkan pemain lain. Biasanya untuk sebuah judul yang sangat terkenal tapi tanpa komentar adalah sesuatu yang janggal dan sobat gamers harus lebih waspada.

Saya juga mengerti bahwa bagi mereka yang sudah labih expert jailbreak dan rooting adalah hal yang cukup wajar dan tidak selalu ditunjukan untuk membajak. Tapi perlu sobat gamers ketahui juga bahwa salah satu alasan terbesar orang melakukan jailbreak atau rooting adalah untuk mengakses aplikasi bajakan jadi please keep that in mind. Selamat mendownload game seru dan have fun with your game.

No comments:

Post a Comment