Sunday, October 12, 2014

Review ChronoBlade – Game Facebook yang nggak kalah Keren dengan PC

Review ChronoBlade – Game Facebook yang nggak kalah Keren dengan PC


ChronoBlade adalah game Facebook yang menurut saya Keren banget. Gamen yang sempat menjadi bahan perbincangan karena dibuat oleh mantan Lead Designer Diablo 2, Stieg Hedlund. Namun ternyata setelah mencapai masa beta selama hampir enam bulan, game ini belum mendapat terlalu banyak pemain. Bisa sobat gamers lihat dari jumlah pemainnya yang hanya mencapai 500 ribu saja. Saya sendiri juga tidak tahu kenapa hal ini terjadi pada game sekeren ini, yang pasti penyebabnya bukanlah pada kualitas game yang jelek. Kalau begitu yuk kita simak ulasannya!.

Gemplay


ChronoBlade mengusung genre side-scrolling action RPG dengan fokus utama pada sistem combo. Ditambah dengan storyline yang cukup baik, terutama untuk sebuah game web-based, menjadikan ChronoBlade salah satu game terbaik Facebook yang pernah saya mainkan. ChronoBlade saat ini sudah memiliki dua karakter yang bisa dimainkan dengan teknik combo dan skill tree yang sangat berbeda.

Combat yang menyenangkan

Saya tidak menyangkan jika pada sebuah web game mampu menyediakan sistem combat yang begitu baik. Buat sobat gamers yang pernah memainkan Elsword Online atau Grand Chase akan mudah menguasai game ini berkat sistemnya yang mirip. Variasi combonnya yang sangat banya, kurang lebih setingkat dengan sistem combo di Dynasty Warriors 4 dan 5. Selain itu pertarungan juga cukup menantang berkat variasi musuh yang berbeda-beda. Jika sobat gamers hanya menekan tombol yang sama tanpa berusaha menghindar atau menangkis serangan saat musuh sedang menyerang, bisa dipastika karakter sobat gamers akan babak belur dan mati.

Di butuhkan strategi dan kesabaran saat berhadapan dengan boss, karena semua boss memiliki serangan yang tidak bisa ditangkis, sehingga sobat gamers harus menyerang di saat boss sedang lengah. Terdapat tiga tingkat kesulitan yang berbeda sehingga sobat gamers bisa menantang diri sendiri untuk mencoba melawan monster-monster yang jauh lebih kuat darimu. Jika sobat gamers dapat menyelesaikan tingkat kesulitan tinggi maka sobat gamers juga akan mendapatkan hadiah dengan berbagai equipment yang lebih kuat juga.

Sistem looting mirip Diablo


Sistem looting game ini sangatlah mirip dengan Diablo, dimana satu jenis barang dapat memiliki atribut-atribut khusus yang berbeda-beda. Contohnya saja dua senjata dengan nama yang sama bisa saja memiliki elemen atau efek penambahan status yang berbeda. Sobat gamers harus memastikan atribut dari barang tersebut sesuai untukmu. Jika tidak, karena terkadang meskipun sebuah armor memiliki ketahanan yang lebih kecil, ia bisa memiliki atribut tambahan yang lebih berguna untukmu seperti regenreasi atau lainnya.

Sistem skill tree juga mirip Diablo


ChronoBlade sekali lagi terinspirasi oleh Diablo dalam Sistem skill tree. Sebenarnya sistem skill tree ini sudah cukup pasaran, terutama semenjak kemunculan World of Warcraft. Setiap karakter di ChronoBlade memiliki dua skill tree dimana sobat gamers bebas memiliih untuk fokus ke salah satu skill tree atau menyebar skill pointmu ke dua skill tree sekaligus. Skill tree yang tersedia juga tidak linear, sehingga sobat gamers masih harus memilih skill mana yang mau diambil meskipun sobat gamers fokus dalam satu skill tree saja.

Sistem Crafting

Sistem crafting di Chronoblade sebenarnya cukup mendasar dan mirip kebanyakan game Facebook lain, dimana sobat gamers harus mencari beberapa material yang bisa sobat gamers dapatkan dengan mengkonversikan berbagai barang ke material, menggunakan kristal untuk mengisi material yang kurang, atau meminta kepada temanmu.
Jika di game lain Crafting adalah sebutan untuk membuat berbagai material, maka di game ini crafting sebenarnaya adalah upgrade, dimana sobat gamers meningkatkan kualitas barang yang sobat gamers miliki. Variasi upgrade juga bereda-beda, dimana beberapa barang dapat sobat gamers tingkatkan nilainya (dari Common ke Uncommon, dari Uncommon ke Rare, dan seterusnya) sementara lainnya tidak. Barang yang tidak dapat ditingkatkan nilainya sebaliknya akan mendapat peningkatan kecil ke atribut dasarnya, biasanya tingkat defense untuk armor dan tingkat damage untuk senjata.

Presentation

Sekali lagi, game Facebook ini adalah game yang keren banget!. Presentasi yang dihadirkan oleh game ini sangat baik, dan bisa dibandingkan dengan game PC atau mobile. Game ini membuat saya tersadar bahwa web game ternyata berkembang pesat dan sangat memungkinkan untuk membuat game web-based yang bukan tentang membangun kota ala Travian saja.
Grafisnyapun cukup baik, mungkin dapat dibandingkan dengan game-game mobile seperti Dungeon Hunter 4. Dalam hal audio game ini juga sudah menghadirkan kualitas yang cukup memuaskan. Efek suaranya yang terdengan selama pertarugan terasa nyata dan soundtrack yang bagus akan membuatmu betah berlama-lama memainkan game ini. 

Pricing dan IAP


ChronoBlade termasuk sangat murah hati dalam hal IAP. Saya sendiri dari awal sudah mengharapkan harus menunggu 5 jam setiap bermain 10 menit karena energi yang habis, namun ternyata sistem energi di game ini hanya berlaku untuk peta “challenge”. Sobat gamers dapat melanjutkan quest dan framing material tanpa memerlukan energi alias non stop. IAP dalam game ini menjual banyak aquipment yang dapat sobat gamers beli langsung secara instan mendapatkan aquipment kualitas tinggi, namun atribut yang sobat gamers dapatkan akan tetap random.
Saya sendiri kurang menykai IAP yang memberikanmu bantuan secara langsung, setidaknya pemain yang tidak mau mengeluarkan uang bisa farmin non stop sehingga dengan usaha sedikit keras sobat gamers bisa dipastikan akan mendapatkan berbagai aquipment bagus juga. Selain itu, dengan adanya sistem crafting kesempatan bagi pemain yang tidak mau menggunakan IAP untuk bisa mendapatkan equipment kualitas tinggi juga semakin besar.

Verdict

ChronoBlade adalah sebuah game web-based Action RPG yang sangat bagus dan patut dimainkan. Sistem pertarungan yang sangat seru ditambah dengan berbagai fitur tambahan yang menarik dan sistem IAP yang cukup baik, saya rasa game ini sepantasnya mendapatkan pemain yang lebih banyak dari 500 ribu. Seperti yang sobat gamers tahu, sobat gamers tidak perlu mendownload untuk memainkannya, jadi tunggku apa lagi, Go let’s play!
Facebook Link: ChronoBlade, Gratis

Plus (+)
Sistem looting yang penuh denganbarang random seperti di Diablo | Sistem combat yang menggunakan variasi combo yang banyak | Grafik dan audio yang tidak kalah dengan game PC ataupun mobile
Minus (-)
IAP yang menyediakan pembelian equipment kualitas tinggi

No comments:

Post a Comment