Friday, October 17, 2014

7 Publisher Game Terbaik Untuk Android & iOS

7 Publisher Game Terbaik Untuk Android & iOS

Kali ini saya akan membahas 7 Publisher Game Terbaik Untuk Android & iOS. Memilih 7 Publisher Game Terbaik dari banyaknya publisher game bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu saya sengaja memilihkan 7 publisher game terbaik ini untuk sobat gamers. Okeh gak, usah banyak basa basi lagi, yuk kita simak !

1. Crescent Moon Games


Crescent Moon Games atau yang lebih mudah disebut dengan CM Games merupakan developer game saja sebelum bergerak menjadi publisher. Mereka suskes menempati chart #1 RPG di Apple App Store selama sebulan penuh di masa itu dengan game pertama mereka yaitu Ravensword: The Fallen King. Hal inilah yang membuat CM Games dapat membantu developer lainnya yang ingin mengembangkan RPG. Hingga pada tahun 2010, CM Games memutuskan untuk menjadi developer sekaligus publisher game mobile. CM Games juga sempat memiliki saudara publisher lainnya yaitu Forest Moon Games, yang berfokus menerbitkan game yang lebih kasual. Namun kenyataan yang ada tidaklah semulus yang dipikirkan, Josh mengungkapkan bahwa sulit menemukan game kasual yang berkualitas. Sehingga akhirnya diputuskan untuk menerbitkan semua game di dalam satu naungan CM Games. Adapun karya-karya populer yang dikembangkan maupun dipublikasikan oleh CM Games lainnya seperti: Ravensword: Shadowland, Almightree: The Last Dreamer, MIMPI, Twisty Planet, Shadow Blade dan masih banyak lagi.
Official Site: http://www.crescentmoongames.com/

2. Bulkypix

Bulkypix adalah publisher game mobile yang terkenal dengan game mingguannya. Bulkypix juga tergolong publisher yang sudah banyak makan asam garam di dunia mobile gaming. dalam wawancara yang dilakukan seseorang bersama Amazu Media mengungkapkan, Bulkypix selaku publisher game Light Apprentice membantu Amazu Media untuk mengingkatkan visibilitas permainan mereka di Apple App Store maupun Google Play Store, mereka juga membantu menghubungi berbagai situs media dan review, lokalisasi bahasa, testing, dan lainnya. Adapun karya lain yang dipublikasikan oleh Bulkypix lainnya seperti Meltdown, Joe Dever Lone Wolf, Bardbarian dan sebagainya.
Official Site: http://www.bulkypix.com

3. Ayopa Games

Mungkin publisher game yang satu ini cukup asing di telinga sobat gamers. Ayopa Games mungkin belum sebesar Bulkypix maupun Chillingo, jumlah game yang dipublikasikan oleh mereka pun mungkin belum sebanyak kedua publisher senior tadi. Namun perlahan tapi pasti, nama Ayopa Games mulai merangkak naik di kalangan para mobile gamer.
Beberapa game telah berhasil mereka publikasikan antara lain, Don’t Shoot Yourself! Dari Silverware Games, Robots Love Ice Cream dari Dragon Army, dan tidak lama lagi di tanggal 23 Oktober, mereka akan meluncurkan Sleep Attack TD, sebuah game yang akan mengajak sobat gamers bermain Tower Defense dengan cara yang tidak sama lagi.
Official Site: http://www.ayopagames.com/

4. Chillingo

Publisher yang satu ini adalah publisher yang paling senior untuk dunia mobile iOS. Dulunya Chillingo dikenal sebagai publisher yang meluncurkan game berkualitas dan berhasil mengeluarkan legenda-legenda di dunia mobile. Asal sobat gamers tahu ini, kalau game Angry Birds dari Rovio dulunya diterbitkan oleh Chillingo, terus ada juga game dengan karakter Om Nom, Cut The Rope dari ZeptoLab juga diterbitkan oleh publisher yang dibeli EA di tahun 2010 lalu ini. Tidak hanya itu, Chillingo juga terkenal karena merilis game baru hampir disetiap minggunya. Hanya saja akhir-akhir ini intensitas performanya sedikit menurun dari biasanya. 
Official Site: http://www.chillingo.com/

5. 10Tons

10Tons sudah memulai debut karirnya pada platform PC sejak tahun 2003 dengan game pertamanya yang berjudul Crimsonland, sebuah game top down shooter. Pada akhir tahun 2008, mereka mulai memasuki ranah dunia mobile iOS dengan 2 game iPhone yang berjudul Shapium dan Xenotracker. Tahun 2011, 10Tons juga mulai mendukung platform si robot hijau alias Android. Sampai saat ini, 10Tons sudah meluncurkan lebih dari 20 game seperti Sparkle2, King Oddball, Joining Hands2, Tennis In The Face, dan banyak lainnya.
Official Site: http://www.10tons.com

6. Rovio Stars

Sepertinya saya tidak perlu bicara banyak buat publisher game yang satu ini. Sobat gamers pastu sudah pernah memainkan game Angry Birds bukan? Bahkan tidak sedikit dari kalian yang sudah jenuh dengan serial game satu ini sebut saja Angry Birds Original, Angry Birds Season, Angry Birds star Wars, dan lainnya. berawal di bulan Juli tahun 2013 lalu, Rovio Stars yang merupakan program publishing dari Rovio Entertainment meluncurkan game perdana mereka berjudul Tiny Thief, game point n click adventure yang dikembangkan oleh 5Ants. Sampai sejauh ini Rovio Stars sudah menerbitkan 2 game lainnya setelah Tiny Thief, yaitu Plunder Pirates serta Juice Cubes dan rasanya akan ada banyak game menarik lainnya yang diterbitkan oleh publisher sekaligus developer asal Finlandia ini.
Official Site: http://www.rovio.com/en

7. Backflip Publishing

Apakah sobat gamers pernah memainkan game DragonVale? Meskipun saya sendiri masih bingung kenapa teman saya tetap betah memainkan game ini selama dua tahun lebih. Mungkin menurutnya naganya terlalu lucu untuk dibiarkan begitu saja haha  . Sama seperti Rovio dan Halfbrick, Backflip adalah pemain baru di dunia publisher dan mereka baru saja menerbitkan Plundernauts yang dikembangkan oleh Lightbox Interactive di tahun ini.
Official Site: http://www.backflipstudios.com/publishing/

Gimana sobat gamers dengan tujuh publisher game di atas? Adakah yang jadi favorit kalian? Jika sobat gamers punya daftar publisher favorit mobile lainnya yang tidak ada di atas, maka jangan segan untuk berbagi dikolom komentar ya. Terima Kasih sudah berkunjung ^_^

No comments:

Post a Comment