Friday, October 17, 2014

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG


Hallo sobat gamers ^_^ . Sebagai penggemar genre JRPG, saya bisa dibilang kurang beruntung karena tidak memiliki PlayStation2 semasa sekolah dulu. Padahal console tersebut merupakan console yang wajib dimiliki oleh penggemar JRPG. Sebagai gantinya, selama saya sekolah saya sering kali bermain-main dengan emulator, atau memperhatikan dengan seksama bberapa game JRPG atau genre mirip yang dirilis di PC. Judul- judul seperti Fantasia Sango, Ys, The Seventh Seal: The Resurrection of the Dark Lord dan lain sebagainya.
Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

JRPG Klasik

Ketika saya mulai memainkan Trails in the Sky, saya langsung merasa seperti terbang jauh menuju masalalu saat saya menghabiskan waktu dengan berbagai JRPG di PlayStation. Dalam game ini, sobat gamers akan bertualang sebagai Estelle Bright dan Joshua Bright, saudara tiri berusia 16 tahun yang beru lolos tes sebagai Bracer dari Bracer Guild. Bracer Guild merupakan badan yang bertugas menerima request dari berbagai orang. Pekerjaan mereka sangat bervariasi, mulai dari menemukan kucing hilang, sampai ke mencegah terjadinya perang. Sepintas dari segi cerita mungkin Legend of Heroes terdengr seperti cerita JRPG yang pasaran. Namun pesona utama dari game ini terletak pada kualitas writting yang dimiliki. Dialog-dialog yang ada di Legend of Heroes sangat menarik untuk diikuti. Setiap NPC (non-playble character) yang ada di game terlihat memiliki karakter tersendiri dan berbicara sesuai dengan kejadian yang tengah berlangsung dalam game, tidak seperti banyak RPG di mana seorang NPC mungkin saja mengucapkan hal yang sama terus menerus tanpa peduli apa yang sedang terjadi di dunia mereka. Bahkan setiap peti harta yang ada di game ini juga memiliki teks tersendiri yang sangat lucu jika kamu mencoba untuk mengeceknya setelah mengambil item di dalamnya. Contoh dialog dari peti harta di bawah ini.

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Bukan hanya dialognya yang menarik, setting dunia Legend of Heroes: Trails in the Sky juga sangatlah menarik. Sesaat game ini terlihat seperti fantasi, tapi sepanjang permainan sobat gamers akan menemukan hal-hal unik seperti adanya telpon, hobi Estelle untuk mengoleksi sepatu layaknya anak muda modern, serta berbagai teknologi modern yang bisa terwujud berkat sebuah benda yang disebut orbment.

Untuk urusan gameplay, game ini menyajikan pengalaman yang sangat unik. Game ini mengusung battle bergaya turn-based namun dengan sentuhan tersendiri yang membuatnya berbeda. Karaktermu dapat bergerak di atas grid layaknya game strategi. Namun berbeda dengan game strategi yang tempo pertarungannya lambat, tempo pertarungan dalam Trails in the Sky bisa dibilang cukup cepat. Membuat model pertarungan Trails in the Sky bisa dikategorikan sebagai hybrid antara trun-based RPG klasik dan strategy RPG.

Game turn-based pada game ini sedikit berbeda, dalam Trails in the Sky sobat gamers bisa melihat musuh berkeliaran di map. Jika sobat gamers menyentuh mereka barulah sobat gamers terlempar ke layar battle. Sobat gamers harus berhati-hati karena musuh tidak akan terlihat dari jauh, sehingga bisa saja saat sobat gamers tengah berlari di map tiba-tiba muncul musuh di hadapanmu.
Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Pengaturan karakter di game ini cukup mirip dengan RPG kalsik lainnya dimana sobat gamers bisa memberikan equipment tertentu pada karaktermu. Namun pada game ini benar-benar memiliki sesuatu yang berbeda, dan hal tersebut adalah orbment. Orbment sendiri merupakan teknologi dalam dunia Trails in the Sky yang mengizinkan para penggunakannya memperoleh skill tertentu seperti magic atau efek pasif. Orbment ini bisa sobat gamers buat di toko khusus dalam game, dengan bahan pembuatannya bisa didapatkan dengan cara mengalahkan monster di random battle.

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Seperti banyaknya JRPG, Trails in the Sky cukup memaksa sobat gamers untuk melakukan grinding. Namun game ini bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk urusan leveling. Setelah lebih dari 9 jam bermain yang saya habiskan dengan banyak melawan musuh, karakter saya beru mencapai level 10. Bisa dibayangkan bukan selanjutnya bagaimana.

Secara keseluruhan, gameplay serta cerita yang disajikan di Legend of Heros: Trails in the Sky benar-benar akan membuatmu nostalgia ke petualangan yang pernah sobat gamers jalani di JRPG lain. Game ini betul-betul cocok untuk menjadi definisi dari apa JRPG itu.

Audio Visual seperti kebanyakan JRPG

Saat sobat gamers memulai game ini, sobat gamers akan merasa nostalgia ke JRPG klasik. Karakter dan environment dalam game ini dibuat dengan model 3D berdesain chibi, dan dengan kamera bersudut pandang isometris. Hal ini betul-betul semakin terdorong berkat art direction dari Legend of Heroes yang bergaya anime. Game ini memiliki dunia yang cukup detail dengan banyak hal yang bisa sobat gamers temukan di dalamnya.
Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Untuk urusan musik, kualitas musik di Legend of Legend of Heroes uga cukup tinggi. Banyak lagu memorable yang akan sobat gamers temukan di game ini. Lagu-lagu yang akan selalu berputar di kepalamu bahkan setelah berhenti memainkannya, dan juga lagu-lagu yang saat sobat gamers putar akan langsung membawa sobat gamers ke kenang-kenangan saat bermain Legend of Heroes: Trails in the Sky. Jujur saja, pengalaman seperti ini hanya bisa sobat gamers temukan dalam game bergenre JRPG. Meskipun memang musik dalam Trails in the Sky masih kalah jauh jika dibandingkan dengan musik-musik besutan Nobue Uematsu, Yoko Shimomura, dan lain-lain.

Kesimpulan

Tidak banyak yang bisa saya bahas mengenai game ini. Dari semua hal yang saya sebutkan di sini sudah jelas game ini cocoknya untuk gamer seperti apa. Game ini merupakan sebuah pengalaman JRPG yang paling JRPG banget yang pernah saya rasakan beberapa tahun terakhir. Pengalaman seperti ini dalam tiga tahun terakhir hanya bisa dikalahkan oleh game seperti Bravely Default ataupun Ni no Kuni, jadi dari sini saja sudah terlihat betapa sepesialnya Legen of Heroes: Trails in the Sky.

Review Legend of Heroes : Trails in The Sky – Game yang mendefinisikan JRPG

Jika sobat gamers memang merupakan penggemar JRPG, jangan sampai kamu melewatkan game yang satu ini. Namun perlu saya ingatkan, layaknya kebanyakan JRPG lainnya, game ini membutuhkan komitmen yang cukup besar. Jadi bersiaplah untuk menghabiskan puluhan jam dalam dunia fantasi bercampur modern yang satu ini. Game ini bisa sobat gamers mainkan di PC melalui Steam ataupun GOG.com dan versi PSP yang dirilis tahun 2011 juga bisa sobat gamers mainkan dengan PS Vita.




No comments:

Post a Comment