Wednesday, October 8, 2014

Review One Piece Unlimited World Red

Review One Piece Unlimited World Red

Hallo Sobat gamers ^_^ . Saat saya melihat trailer dari game One Piece terbaru untuk PS3, PS Vita, Wii U, dan 3DS ini, saya merasa bersemangat sekali untuk membuat Review One Piece Unlimited World Red. Jujur saja saya adalah penggemar One Piece juga. One Piece memusatkan ceritanya pada petualangan Luffy dan para anggota Straw Hat Pirates yang berusaha menemukan “One Piece” atau tujuan dari Luffy yang ingin menjadi Raja Bajak Laut. Tapi yang saya bingung adalah manga-nya dimulai dari tahun 1997, kok “One Piece” belum ketemu juga terus juga si Luffy belum jadi Raja Bajak Laut juga ?


Okeh, balik lagi ke game. Dalam One Piece Unlimited World Red, para kru Straw Hat Pirates berlabuh di sebuah pulau yang bernama “Island of Promises” dan dari sanalah petualangan mereka berlanjut. Saya sendiri cukup penasaran nih dengan jalan ceritanya, karena tempat tersebut merupakan sebuah tempat baru yang tidak pernah ada dalam seri manga/anime-nya. Kira-kira dengan cerita dan setting yang orisinil, apakah game ini dapat memberikan pengalaman One Piece yang benar-benar mengikuti akar dari manga-nya? Kalau begitu yuk kita simak ulasannya !

One Piece Unlimited World Red – Petualangan Sederhana namun Tetap Mengasyikkan

Dalam game ini sobat gamers akan mengikuti cerita yang disajikan dengan latar belakan One Piece yang sangat kental (ya iyalah namanya aja juga game One Piece). Mulai dari karakter, konsep dialog, semuanya benar-benar One Piece dan sepertinya game ini dikhususkan untuk penggemar One Piece sejati, buat penggemar One Piece cobain deh gamenya di jamin tidak akan kecewa dengan apa yang dihadirkan dalam game ini.
Tapi bukan tanpa kekurangan sama sekali. Dengan sangat kompleksnya cerita yang ada dalam One Piece (maklum aja sudah 17 tahun), tentunya mereka yang belum pernah mengetahui ataupun yang sedikit mengetahui tentang lore yang ada dalam One Piece pasti akan kesulitan memahaki hubungan karakter yang ada dalam game ini. Semua ini bisa dimaklumi karena game ini dikhususkan untuk para fans One Piece. Itu terbukti juga dengan audio yang dipakai adalah asli dari versi bahasa Jepang.


Nobrol-ngobrol soal tempat dan karakter, sobat gamers juga akan bertemu dengan lokasi yang pernah dimunculkan dalam seri manga/anime nya seperti Alabasta. Enies Lobby, Punk Hazard, dan lain sebagainya. Musuh-musuh yang dulu pernah muncul juga hadir di game ini seperti Crocodile atau Rob Lucci. Tapi mengapa mereka muncul di tempat-tempat tersebut? Sobat gamers harus cari tahu sendiri ya dengan memainkan game ini.
Dalam One Piece Unlimited World Red memiliki sedikit Monster Hunter. Elemen mengumpulkan bahan serta layout dari level yang akan kamu lalui cukup mirip dengan game hunting yang ada di pasaran sekarang. Jika sobat gamers ingin membeli persediaan seperti obat dan lain-lain, sobat gamers harus membangun toko-toko di ‘home base’ yang ada di Island of Promises. Caranya adalah dengan mengumpulkan material yang sobat gamers kumpulkan saat berpetualang. Sobat gamers cukup menendang rerumputan yang terlihat, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam bahan yang nanti bisa dipakai untuk membuat bangunan.

Sobat gamers juga jangan lupa, dalam game ini bisa melakukan co-op bersama teman-temanmu sehingga permainan akan menjadi jauh lebih seru. Tentu saja ini menjadi nilai tambah buat sobat gamers yang memainkannya di handheld. Sobat gamers bisa melakukan sesi multiplayer seprti zaman PSP dahulu.


Sobat gamers juga bisa melakukan mini-game seperti memancing dan menangkap hewan yang juga bisa menjadi sumber untuk mengumpulkan bahan. Selain kedua hal itu, tidak ada cara lain yang lebih menaruk untuk mengumpulkan bahan-bahan sehingga membuat game ini terasa monoton.
Sobat gamers akan memilih sebuah tempat, kemudian bebas berkeliaran di dalam level tersebut untuk mengumpulkan material sambil menghajar sejumlah perompak secara real-time layaknya game Kingdom Hearts. Layout dari level juga cukup mirip dengan game hunting sejenis. Dengan kesedarhanaan yang ada, game ini terasa agak repetitif. Tapi, walaupun begitu sobat gamers tetap akan menemukan keseruan saat melawan boss battle. 



Okeh, kita beralih ke hal yang akan sobat gamers sering lakukan dalam game ini: bertempur. Kalau menurut saya game ini mirip seperti One Piece Pirate Warriors yang disederhanakan atau mungkin bisa desebut Kingdom Hearts versi simpel. Dengan kesederhanaan ini ada kelebihan dan kekurangannya juga seperti game ini bisa dimainkan oleh gamer dari tingkat kasual hingga veteran, tapi bisa juga cepat menyebabkan kejenuhan karena kesederhanaan game ini.

Ada dua tombol serangan untuk setiap karakter dan bisa menggunakan item yang sudah dipasang dalam hotbar yang ada. Jurus-jurus yang ada di game ini tentu saja yang muncul dalam seri manga/anime dari One Piece. Ini juga bisa jadi nilai tambah untuk para penggemar One Piece yang ingin memainkan game ini. Tapi saat saya memainkan game ini, serangan yang di lancarkan Luffy terasa berat dan lambat. Jika sobat gamers sudah terbiasa memainkan One Piece Pirate Warriors, pasti akan merasa terganggu dengan kelambatan yang ada dalam Unlimited World Red.

Tombol menghindar atau melakukan serangan balasan menjadi kunci utama dalam pertarungan. Dengan mekanisme pertempuran layaknya Batman: Arkham series, sobat gamers dituntuk untuk melakukan serangan secara terkendali dan menyempatkan diri untuk menghindar dari serangan balasan musuh. Tentunya semua ini dilakukan dengan lebih sederhana ketimbang game Batman sendiri.

Jika sobat gamers merasa semua itu kurang greget, masih ada mode Battle Coloseum di mana sobat gamers bisa bertarung melawan bos atau musuh yang banyak dalam satu arena. Jujur saya sendiri lebih suka mode ini karena akan menghadapi langsung berbagai macam musuh tanpa harus berkeliling di dalam map.

Kemunculan musuh secara tiba-tiba di map yang ada. Membuat saya kurang nyaman, Begitu saya menjelajahi tempat yang ada. Karena game ini terkesan tidk dipoles secara lebih lanjut. Namun meskipun demikian, itu hanya sebuah hal minor saja. Secara keseluruhan, game ini cukup untuk membuat saya tidak beranjak dari kursi gaming saya.

Dunia Yang Terbatas


Seperti yang sobat gamers baca, meskipun One Piece adalah sebuah franchise yang mengedepankan petualangan bajak laut, grakan dalam game ini sangat dibatasi oleh dinding-dinding yang tidak terlihat. Banyak sekali dinding tidak terlihat dalam game ini. Beberapa kali saya berpetualang menjelajahi daerah tertentu dalam sebuah map dan saya tidak bisa melanjutkan karena ada semacam dinding tapi bukan dinding atau seperti gundukan pasir di Alabasta atau pintu yang sekedar pajangan saja).



Mungkin penjelasan saya agak membingungkan, tapi yang ingin saya katakan adalah saya merasa tidak memiliki kebebasan untuk berpetualan dalam game ini. Oh iya, satu hal lagi yang saya perhatikan adalah tidak ada mini map untuk versi PlayStation. Untuk pengguna Wii U dan 3DS, sobat gamers bisa melihat map dengan leluasa menggunakan layar kedua milikmu, sedangkan pengguna PlayStation 3 dan Vita harus menekan Start untuk masuk ke layar menu yang mennjukkan peta dan tempat kamu berdiri. Sepertinya terdengar sepele, namun hal ini sangat mempengaruhi seberapa lancarnya permainan. Cukup mengganggu bukan jika setiap berapa detik sekali sobat gamers harus menekan tombol start?

Visual Tidak Jelak Tapi Juga Tidak Bagus



One Piece Unlimited World Red menggunakan Grafis cel-shading yang sangat berwarna-warni. Saat sobat gamers melihatnya, sobat gamers akan merasa bahwa game ini seperti anime yang di buat menjadi 3D atau seperti One Piece the Movie 3D. Meskipun terlihat baik, saya merasa kualitas visual yang ditampilkan bukanlah yang terbaik di kels cel-shading. Jika sobat gamers membandingkannya dengan Naruto Ultimate Ninja Strom atau bahkan Pirate Warriors, Unlimited World Red masih ada dibawah kedua game tersebut.

Game ini aslinya untuk 3DS dan perangkat game lain berarti mendapatkan versi porting sehingga segala sesuatu disesuaikan untuk bisa masuk kedalam handheld, tai saya masih tidak bisa lepas dari ekspektasi yang besar karena memainkan game ini di PS3. Untuk urusan musik, saya rasa tidak ada masalah. Musik yang ada dalam game sangat membuat saya jadi bersemangat saat membayangkan serunya petualangan di dunia One Piece.

Game yang Dikhususkan Untuk Fans

Okeh, setelah kita bahas panjang lebar, ini kesimpulan saya. One Piece Unlimited World Red adalah sebuah game yang dikhususkan dan ditunjukan untuk penggemar One Piece. Rasanya game ini akan cukup memuaskan dahaga kamu tentang One Piece, dengan sistem pertempuran sederhana dan visual yang cukup baik. Buat sobat gamers yang belum tahu apapun tentang manga/anime One Piece, saya menyarankan untuk mencoba game yang lain saja dari pada nanti kebingungan tentang cerita dalam game ini... tapi jika sobat gamers tidak peduli dengan jalan cerita game ini dan hanya sekedar ingin heve fun saja, game ini tidak salah untuk di coba.

Terima kasih telah berkunjung ke Catatn Seorang Gamers. Jika sobat gamers punya kritik atau saran Atau jika ingin ada review tentang game kesayangan sobat gamers, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. 

No comments:

Post a Comment