Thursday, October 9, 2014

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil


Saya bermain game sejak saya kecil. Kira-kira sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu banyak rental PS1 di dekat rumah saya dan salah satu game yang sering saya mainkan saat itu adalah Crash Team Racing (CTR). Game ini adalah game tiruan atau terinspirasi dari Mario Kart yang sangat populer saat itu dan membuat banyak perusahaan game yang meniru Mario kart seperti Star Wars Racer, Sonic R, Angry Birds Go, Chocobo Racing, sampai yang mungking paling populer di berbagai rental PlayStation saat itu Yaitu CTR: Crash Team Racing.

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Pada Review kali ini saya akan mencoba mengulas apa saja yang membuat CTR begitu populer. Kalau begitu langsung saja yuk kita simak ulasannya!

Game Tiruan dengan Hasil Akhir yang Berbeda 

Seperti yang saya singgung di ata, CTR bisa dibilang game yang terinspirasi dari kesuksesan Mario Kart. Sebelum merilis CTR, Naughty Dogs mengembangkan seri Crash Bandicoot terlebih dahulu sebagai sebua game platformer (lagi-lagi sama polanya dengan Mario). Karena memang bukan merupakan franchise dengan cerita yang serius, saat dibuat versi balapannya pun sobat gamers tidak akan menemukan bapakan yang realistis layaknya Gran Turismo.
Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Di dalam game ini sobat gamers akan mengemudikan go-kart, sobat gamers juga bisa memilih karakter yang akan mengemudikan go-kart tersebut, tentu saja karakter di game ini adalah karakter yang pernah munul di game Crash Bandicoot. 
Variasi karakter ini tidak hanya sekedar pemanis visual saja. Saat sobat games akan memulai adventur mode, sobat gamers akan merasakan bahwa masing-masing karakter mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi saat memilih karakter sobat gamers tidak bisa asal pilih hanya karena suka desain dari karakter tersebut. Walaupun saya sendiri saat memainkan game ini lebih memilih desain karakter ketimbang kemampuan yang dimiliki karakter tersbut.
Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Bukan hanya karakter-karakternya yang aneh. Di setiap track yang sobat gamers mainkan akan tersebar dua jenis kotak. Kotak pertama yang tidak bermotif akan memberikan karaktermu buah yang jika dikumpulkan akan memberikan efek bonus tertentu. Selain itu ada juga kotak yang bergambar tanda tanya yang secara acak akan memberikanmu berbagai jenis power-up. Power-up yang sobat gamers temukan memiliki berbagai wujud dan fungsi. Ada yang berfungsi untuk melindungi diri, membuat jebakan terhadap musuh, dan untuk menyerang musuh. Berbagai power-up yang memiliki animasi yang lucu seperti rudal yang akan selalu mengejar lawanmu sampai kena, tapi lawanmu bisa saja melindungi dirinya dengan menggunakan topeng voodoo warna-warni yang mengelilingi karaktermu.

Variasi  power-up bukanlah satu-satunya yang membuat CTR sangat menyenangkan untuk dimainkan baik sendirian maupun bersama teman. Game ini juga dijamin akan menghibur sekaligus memberikan tantangan kepada sobat gamers melalui desain level/track yang dimiliki.

Dalam game ini lawanmu juga bukan satu-satunya hal yang perlu sobat gamers khawatirkan, karena di dalam track terdapat berbagai jebakan yang akan membuatmu kehilangan posisi pertama.

Tidak Cuma jebakan saja, jika sobat gamers teliti maka akan menyadari bahwa track di CTR memiliki berbagai jalan rahasia yang akan membuatmu lebih dekat dengan garis finish. Hal ini membuat track dalam CTR jauh lebih menarik dibandingkan dengan banyak game serupa.

Adventure Mode

Adventur Mode adalah mode yang paling berkesan buat saya. Maka dari itu pada review kali ini saya akan memberikan segmen khusus untuk mode ini. Dama CTR, sobat gamers bisa menjalankan semacam story mode yang mengizinkan sobat gamers untuk memilih satu dari 8 karakter yang ada. Setelah sobat gamers memilih karakter, sobat gamers akan diperlihatkan sebuah peta yang bisa dijelajahi dengan (agak) bebas. Di peta tersebut terdapat berbagai portal yang akan membawa sobat gamers ke barbagai jenis track, dan masing-masing track juga memiliki lebih dari satu objektif. Pada saat sobat gamers memasuki sebuah area, setiap track hanya memiliki satu objektif, yaitu memenangkan balapan biasa. Setelah sobat gamers mengalahkan boss pada sebuah area, barulah trak yang sebelumnya hanya memiliki satu objektif itu terbuka lagi dengan objektif baru. Objektif baru tersebut antara lain adalah balapan sambil mengumpulkan tulisan C-T-R di sepanjang track, serta balapan melawan waktu sambil mengumpulkan tongkat yang akan mengurangi waktumu.

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Dari banyaknya aktivitas yang dapat sobat gamers lakukan di adventure mode, menurut saya yang paling menarik adalah aspek free-roam yang dimiliki mode ini. Hal ini mungkin terdengar konyol, tapi saat saya memainkan CTR baik sewaktu kecil dulu maupun sekarang, saya menghabiskan banyak waktu berkeliling tidak jelas di peta daripada balapan di track sungguhan. Entah mengapa hal ini memberikan kesenangan tersendiri buat saya dan sejauh yang saya tahu hal ini tidak dimiliki oleh game lain dengan genre serupa. Masih banyak mode lain yang bisa sobat gamers temui di game ini, seperti arcade mode maupun time attack mode. Namun tentunya dari berbagai mode tersebut masih kalah seru dibandingkan dengan adventure mode.

Perbedaan anatara “Game yang terinspirasi” dengan “Game tiruan”

Crash Team Racing mungkin merupakan game yang terinspirasi berat oleh seri Mario Kart, tapi Naughty Dogs telah berhasil membuat game ini memiliki ciri khas tersendiri dan bisa populer bahakn di kalangan gamer yang tidak pernah maminkan Crash Bandicoot. Jujur saja saya lebih dulu memainkan CTR dari pada Crash Bandicoot, dan game CTR ada di berbagai rental PS saat itu sedangkan Crash Bandicoot tidak.

Seri balapan Crash Bandicoot mengalami penurunan kualitas setalah game CTR. Terakhir kali saya mencobat game dari seri ini adalah Crash Nitro Kart yang dirilis untuk Nokia N-Gage. Meskipun game tersebut tidaklah buruk, tapi jelas masih kalah jauh dibandingkan dengan CTR. Setelah Crash Nitro Kart masih adal lagi game balapan Crash Bandicoot, yang terakhir kali dirilis adalah pada tahun 2010 untuk iOS, dan saya belum pernah mencoba game terbaru ini. Seluruh game racing Crash Bandicoot selain CTR tidak dikerjakan oleh Nughty Dogs karena lisensi game ini dipegang oleh Activision. Mungkin jika Naughty Dogs kembali mengerjakan game Crash Bandicoot, kita mungkin akan menyaksikan kebangkitan dari game ini, mungkin.
Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

Nah itu dia sedikit Review dari Crah Team Racing. Game yang membuat saya bernostalgia dengan masa lalu. Jika sobat gamers ada kritik dan saran atau jika ingin saya menguslas game kesayangan kalian. Sobat gamers bisa berkomentar. Terima kasih telah berkunjung ^_^ .

Review Game Crash Team Racing (CTR) - Permainan Balap Mobil

1 comment: