Friday, October 31, 2014

5 Gamepad Smartphone Android

5 Gamepad Smartphone Android 

Jika sobat gamers sering bermain game shooter, platformer, adventure, atau fighting maka sekali-kali sobat gamers coba menggunakan controller, maka sobat gamers tidak akan pernah mau bermain dengan layar sentuh lagi. Membeli sebuah controller untuk Android adalah sebuah investasi yang sedikit mahal. Perlu sobat gamers tahu juga bahwa membeli controller bukan berarti sobat gamers akan menggunakannya setiap waktu. Ada cukup banyak game yang tidak nyaman dan bahkan tidak bisa dimainkan dengan controller.

Ipega PG 9021 
5 Gamepad Smartphone Android

Harga Rp. 200.000
Ipega PG 9021 adalah controller yang paling murah meriah. Saya menyebutnya murah meriah ini dikarenakan Ipega PG 9021 datang dengan berbagai fungsi yang tidak ada di controller lain. Sebagai permulaan Ipega PG 9021 ini mendukung Android dan juga iOS.
Untuk iOS, Ipega PG 9021 hanya dapat menjalankan mode iCade sehingga tidak semua game iOS dapat dijalankan. Sedangkan untuk Android, kebanyakan game populer sudah langsung dapat sobat gamers mainkan tanpa banyak konfigurasi. Proses penggunaan Ipega terbilang cukup mudah. Sobat gamers cukup nyalaan dengan menahan tombol tertentu (tergantung mode apa yang sobat gamers butuhkan) lakukan pairing lewat Bluetooth di smartphone dan selesai.
Bentuk fisik Ipega yang besar bahkan lebih basar dari controller PlayStation 4 membuatnya nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang. Tapi itu jauh lebih baik dari pada terlalu kecil, karena controller kecil akan membuat tangan pegal dalam penggunaan yang lama. Ipega PG 9021 terasa kopong namun ini mempunyai keuntungannya sendiri yaitu ringan. Kualitas analog utama dari Ipega PG 9021 terbilang baik dan responsif. Sedangkan D-pad yang berada di kiri bawah justru tersasa sangat buruk. Untungnya D-Pad ini jarang sekali digunakan mengingat sudah ada analog yang enak. Tombol-tombol pada controller ini terbilang cukup nyaman untuk digunakan walaupun sobat gamers tidak akan menemukan kualitas console disini. Cukup untuk penggunaan sehari-hari namun jelas berbeda di bawah controller ‘PlayStation 3’. Tapi dengan harga Rp. 200.000 keseluruhan paket yang ditawarkan Ipega PG 9021 benar-benar sulit untuk ditolak.

MOGA Pro Android 
5 Gamepad Smartphone Android

Harga Rp. 1.000.000
MOGA Pro adalah controller yang premium dan berkualitas. Ini berbanding kebalikannya dengan Ipega PG 9021 yang murah meriah. Versi MOGA yang saya rekomendasikan adalah MOGA Pro. Jika sobat gamers merasa butuh tenaga ekstra (alias baterai) maka sobat gamers bisa mempertimbangkan tipe MOGA Pro Power yang datang dengan baterai tambahan sehingga sobat gamers bisa mempertimbangkan tipe MOGA Pro Power yang datang dengan baterai tambahan seingga sobat gamers bisa bermain lebih lama.
Desai dari Controller ini mirip sekali dengan controller Xbox 360, baik dari segi rancangan maupun ukuran. Namun Moga pro lebih ramping dan sebenarnya inilah yang saya cari. Moga Pro terasa sangat pas di genggaman saya, bermain berjam-jam punt tidak membuat tangan pegal. Sobat gamers yang mudah berkeringat juga akan terbantu dengan stopper grip yang berada di bawah controller.
Analgo terasa sangat respnsif dan nyaman untuk digunakan. Tida seperti Ipega, D-Pad yang berada di kiri bawah terasa responsif dan nyaman untuk ditekan. Tombol A,B,X,Y pun enak digunakan walaupun saya harus bertanya mengapa MOGA Pro tidak dapat mengimbani nikmatnya menekan tombol controller PS3 walaupun memiliki harga lebih mahal.

GameKlip 
5 Gamepad Smartphone Android

Harga Rp. 250.000
Secara teknis GameKlip bukanlah controller, namuan GameKlip adalah solusi yang paling murah dan juga nyaman untuk digunakan dibanding 4 controller lain yang ada dalam daftar ini. Mengapa? Karena GameKlip menggunakan controller PS3 sebagai controller. Controller PS3 (yang asli tentunya) mempunyai kualitas dan durabitilitas yang sangat bagus sekali. Jadi tentunya menggunakan controller PS3 adalah hal yang masuk akal.
Sebenarnya tanpa GameKlip kamu juga sudah dapat menghubungkan controller PS3 kamu dengan Android. Namun bagaimana cara memainkannya tanpa penopang bukan? Itulah fungsi utama dari GameKlip. GameKlip akan menopang smartphone pada controller PS3 sehingga kamu dapat bermain dengan nyaman.
Karena GameKlip pada dasarnya hanyalah penyangga maka harganya juga cukup murah. GameKlip dijual dengan harga Rp. 250.0000. Kamu akan mendapatkan satu GameKlip, satu kabel untuk menghubungkan Android dengan controller, dan satu kabel charger untuk controller.
Walaupun GameKlip adalah solusi paling nyaman (karena menggunakan controller PS3) namun cara pakainya bisa sedikit merepotkan. Android 4.0 ke atas secara bawaan sebenarnya sudah mendukung controller jadi cara menggunakannya cukup tancapkan smartphone dengan controller PS3 dan kamu selesai (ya semudah itu).

PhoneJoy 
5 Gamepad Smartphone Android

Harga Rp. 850.000
Sampai saat ini PhoneJoy sangat sulit ditemukan di Indonesia. Namun jika sobat gamers melakukan pemesanan lewat situs mereka maka mereka akan mengirimkan ke Indonesia tanpa biaya tambahan. PhoneJoy akan mengapit smarphone kamu di tengah, ini berbeda dengan kebanyakan controller lain. Sistemnya yang fleksibel memungkinkan kamu untuk menggunakan smartphone apapun dengan batas maksimal panjang 15.5 cm. Sama seperti Ipega, PhoneJoy juga support Android dan iOS.

Samsung Android Wireless Gamepad 

5 Gamepad Smartphone Android

Harga Rp. 800.000
Saya bukanlah fan dari Samsung Android Wireless Gamepad, jadi saya tidak masukan controller ini ke dalam list utama. Ini karena analog dari Samsung gamepad rata dengan permukaannya seperti yang biasa kamu temui di PSP. Analog yang seperti ini kurang memberikan kontrol yang enak. Ini terbukti dari 15 menit pertama saya dengan Samsung Gamepad yang tidak terlalu berjalan dengan baik. Jumlah game yang support gamepad ini juga tidak terlalu banyak dan perkembangannya juga lambat. Tapi jika kamu pengguna smartphone Samsung dan suka (setelah mencobanya langsung) maka silahkan saja.

Nah, itu dia sobat gamers 5 Gamepad Smartphone Android . Jadi sobat gamers ingin membeli yang mana?

No comments:

Post a Comment